Sabtu, 06 Agustus 2011


Yingluck Shinawatra

Perdana Menteri Perempuan Pertama di Thailand                              
Perdana Menteri Tercantik Didunia
Yingluck Shinawatra, adik dari mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra akhirnya terpilih sebagai Perdana Menteri Thailand yang baru. Kepastian ini didapat setelah Parlemen Thailand melakukan pemilihan yang menentukan perdana menteri baru Thailand.

Perempuan yang dianggap masih hijau dalam politik Thailand ini, meraih dukungan 296 suara dari sekitar 497 anggota parlemen yang hadir dalam pemilihan tersebut. Yingluck sendiri memutuskan abtsain dalam pemilihan ini. Demikian diberitakan AFP, Jumat (5/8/).

Selanjutnya Perdana Menteri perempuan Thailand pertama ini melantik parlemen baru tanggal 1 Agustus lalu dengan dominasi Partai Puea Thai. Puea Thai sendiri adalah partai yang mengusung Yingluck untuk maju dalam Pemilu Thailand.

Bersama dengan Partai Puea Thai, Yingluck mendominasi parlemen dengan 60 persen kursi anggota legislatif. Dominasi Puae Thai ini didapat setelah sepakat melakukan koalisi dengan enam partai lain, usai kemenangan mereka dalam pemilu 3 Juli 2011. 

Biodata
Nama : Yingluck Shinawatra
TTL : Bangkok, 21 Juni 1967
Pendidikan : Sarjana Ilmu Politik dan MBA di Universitas Kentucy USA
Pekerjaan sebelumnya : Direktur AIS ; perusahaan operator selular terkemuka di Thailand, Direktur SC Asset ; perusahaan keluarga
Karier Politik : Bendahara di Partai Puea Thai
Suami : Anusom Amornchat
Anak : 1 orang

[]